Anatomi dan Fungsi Ginjal

ginjal 150x150 Anatomi dan Fungsi Ginjal

anatomi ginjal

Ginjal berukuran (panjang) 11-12 cm, (lebar) 5-7 cm, (tebal) 2,3-3 cm, dan kira-kira sebesar kepalan tangan. Ginjal dibentuk oleh unit-unit yang disebut nephron yang jumlahnya mencapai 1-1,2 juta buah pada tiap ginjal. Unit nephron dimulai dari pembuluh darah darah halus (kapiler) bersifat sebagai saringan disebut glomerulus, darah melewati glomerulus atau kapiler tersebut dan disaring sehingga terbentuk filtrat (urin yang masih encer) yang jumlahnya kira-kira 170 liter per hari, kemudian dialirkan melalui pipa atau saluran yang disebut tubulus. Urin ini dialirkan keluar ke saluran ureter, kandung kencing, kemudian keluar melalui uretra.

Fungsi Ginjal

Ginjal adalah organ yang mempunyai pembuluh darah sangat banyak (sangat vaskuler) yang fungsi atau tugas dasarnya adalah “menyaring atau membersihkan” darah. Volume aliran darah ke ginjal adalah 1,2 liter/menit atau 1700 liter/hari yang kemudian disaring menjadi cairan filtrat sebanyak 120 ml/menit (170 liter/hari) ke tubulus. Cairan filtrat ini diproses dalam tubulus sehingga akhirnya keluar dari kedua ginjal menjadi urin sebanyak 1-2 liter/hari. Sebagai resume, fungsi ginjal sebagai berikut:

1. Bertugas sebagai sistem filter atau saringan dan membuang ‘sampah’,

2. Menjaga keseimbangan cairan tubuh,

3. Produksi hormon yang mengontrol tekanan darah,

4. Produksi hormon erythropioetin yang membantu pembuatan sel darah merah, dan

5. Mengaktifkan vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang.

article clipper vert Anatomi dan Fungsi Ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>