Sayuran yang ‘Haram’ buat Asam Urat

Tidak selamanya sayuran itu bermanfaat buat kesehatan. Bagi penderita asam urat, sayuran seperti kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya dan kangkung justru wajib dihindari karena sangat berpotensi menimbulkan penyakit asam urat. Selain itu, ada beberapa buah yang juga ‘haram’ dinikmati oleh para penderita penyakit ini seperti durian, nanas dan air kelapa.

Kembang kol, atau biasa disebut kembang bunga, mengandung banyak sumber vitamin terutaman vitamin C hingga 77 persen dan juga mineral-mineral yang penting buat tubuh. Biasanya sayuran ini bisa dimakan mentah-mentah atau dijadikan acar sebagai pelengkap lauk pauk. Menurut penelitian, kembang kol merupakan sumber penting yang mengandung protein, tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, besi, magnesium, fosfor dan zink. Protein yang dikandung di dalamnya sangat tinggi sehingga penderita asam urat harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya.

Bayam adalah sayuran lain yang harus dihindari. Kandungan besi yang terdapat pada bayam sangat tinggi dibandingkan sayuran daun lainnya. Zat besi adalah penyusun sitokrom, yaitu protein yang terlibat dalam proses fotosintesis yang sangat bermanfaat buat penderita anemia. Namun bagi mereka yang terkena asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi daun bayam karena bisa berakibat kandungan purin di sendi-sendi tulang meningkat.

Selain kembang kol dan bayam, buncis adalah jenis sayuran lain yang perlu dijauhi oleh mereka yang menderita asam urat. Biasanya buah, biji dan daun buncis yang dimanfaatkan sebagai sayuran. Dan buncis sangat kaya dengan protein yang justru harus dikurangi konsumsinya untuk mencegah kadar purin yang berlebih. Meski demkian, buncis sangat bagus untuk penyakit diabetes dan hipertensi.

Daun singkong juga termasuk sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, meski cukup berbahaya untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Daun yang biasanya disulap menjadi sayuran berkuah, urapan dan tumis ini berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah proses penuaan, meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit serta mencegah penyakit tulang seperti remantik. Dipercaya juga bahwa daun singkong berguna sebagai zat anti kanker, mecegah anemia dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dan singkong mengandung protein yang akan meningkatkan zat purin dalam sendi.

Selain itu, daun pepaya juga merupakan sayuran yang kandungan proteinnya tinggi. Buah pepaya memang boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat, namun daunnya yang pahit tersebut diusahakan untuk dihindari. Meski berbahaya buat asam urat, tapi daun yang sering digunakan orang untuk pecel atau lalapan sambal ini juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh manusia, seperti memperlancar pencernaan, mengontrol tekanan darah, obat nyeri haid, obat demam berdarah, penambah nafsu makan, dan bahkan bisa juga untuk obat jerawat.

Untuk penggemar kangkung, silahkan berpikir ulang kembali apabila Anda sudah divonis mengidap asam urat, karena sayuran ini sangat ‘tidak bersahabat’ untuk penyakit tersebut. Namun untuk mereka yang menghilangkan ketombe, sembelit, eksim, kangkung adalah ‘dokter’ alami untuk menyembuhkannya. Selain itu, kangkung juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati mimisan, sakit kepala, nyeri haid, ambeien, insomnia, gusi bengkak, dan mual pada ibu hamil.

Asparagus juga kaya dengan manfaat, selain tentu saja perlu dihindari bagi pengidap asam urat. Sayuran ini sangat bagus untuk kesehatan jantung, diuretik, memerangi sel-sel kanker, anti inflamasi dan juga pencernaan. Asparagus juga mengandung vitamin K dan C yang tinggi sehingga sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

article clipper vert Sayuran yang ‘Haram’ buat Asam Urat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>